728x90 AdSpace

  • Latest News

    Mas Dafri Maulana. Diberdayakan oleh Blogger.

    Followers

    Total Tayangan Halaman

    Bottom Kiri

    Entri Populer

    Sabtu, 10 Januari 2015

    Limit x mendekati nol Tak Selalu Kontinu


    Berawal dari sebuah senja dimana sebuah malam kan menjemput. Ku dapatkan humor ringan dari sebuah kata tak berbentuk yang bisa membuat bibir bergerak. Ntah berapa senti lebarnya namun tetap saja rasa itu tak mampu tuk menggetarkan pita suara yang kemudian seharusnya di turunkan layaknya integral yang telah berkorelasi dengan trigonometri. Bisa disolusikan namun tak dapat diterapkan fungsinya pada keadaan sesungguhnya.

    Sebuah penelitian mengatakan suatu limit akan kontinu, apabila limit kanan sama dengan limit kiri. Sebuah perbedaan antara kanan dan kiri bisa disamakan dengan sebuah fungsi limit, namun apakah benar, fungsi-fungsi pun dapat bernilai sama.? Fungsi genap-ganjil misalnya, fungsi yang tercipta dari rumus yang sudah pasti berbeda akan menghasilkan hasil yang berbeda. Bayangkan saja suatu fungsi genap f(x)=x2 dengan f(-x)=x2 itu adalah definisi benar tapi bagaimana caranya fungsi genap f(x)=x2 bisa menjadi f(-x)=-x2 ? hal itu memang sungguh tak mungkin bahkan jika kau benar-benar memaksa kau akan menemukan suatu penyerasian dengan pengubahan rumus baru menjadi 1 dan tidak peduli genap atau ganjil sifat dari fungsi tersebut.

    Pada dasarnya limit x mendekati nol itu merupakan sikap dimana x akan terus berganti nilai hingga benar-benar pada kondisi dekat dengan nol tetapi ingat, x tidak akan menjadi nol. Jika limit tersebut akan kontinu maka limit kanan harus sama dengan limit kiri sedangkan didalam limit terdapat fungsi. Sehingga apabila limit x mendekati nol ingin kontinu maka harus hanya ada satu fungsi didalamnya. Begitu yang ku mengerti.

    Katanya jika x mendekati 0 maka nilai tersebut akan terus ada didekat 0. Ntah itu menjadi angka decimal, pecahan atau bulat. Yang pastinya ada nilai yang tidak begitu jauh dari 0. Tapi bisakah limit tersebut akan menjadi error, ketika nilai x menjadi sangat jauh, jauh dan jauh hingga nilai tak hingga, mungkin nilai x berisi lebih dari 1 triliyun digit. Kurasa itu tak mungkin jika x terus berusaha tuk mendekati 0 dan tak berusaha untuk merubah diri menjadi deretan deretan angka yang berarti dalam diri x akan mencoba tuk memikirkan sederetan bilangan lainnya selain angka 0.


    Tak ada x yang sengaja diberikan limit hanya untuk menyelesaikan masalah perhitungan semata. Tetapi limit diberikan agar memberikan nilai yang tepat, selalu di mendekat dan tidak menghasilkan angka yang begitu berbias. Maka dari itu solusi nilai x akan terus menjadi limit untuk terus berada dekat 0 meskipun dia tau nilainya tak akan kontinu, karena memiliki fungsi yang berbeda namun tak akan menghilangkan limit tuk jadi deretan bilangan yang mungkin lebih cepat dipahami dan terselesaikan.


    <| "Semakin dekat kau memandang" |>
    _______Semakin Terbatas Pandangan Anda______
    \(-_-)/
    Next
    This is the most recent post.
    Posting Lama
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Limit x mendekati nol Tak Selalu Kontinu Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top