728x90 AdSpace

  • Latest News

    Mas Dafri Maulana. Diberdayakan oleh Blogger.

    Followers

    Total Tayangan Halaman

    Bottom Kiri

    Entri Populer

    Kamis, 03 Oktober 2013

    Gapai Keinginan Ala Sepria Herdiansyah

    Masa orientasi fakultas yang kerap dikenal dengan istilah Ospek seluruh UKM ( Unit kegiatan Mahasiswa ) pun di perkenalkan satu per satu. Rupanya dalam kegiatan tersebut mahasiswa yang akrab disapa dengan nama Sepria Herdiansyah ini telah melirik UKM Natural ( Unit Kegiatan Mahasiswa Natural ) . Natural adalah satu – satunya UKM yang berkaitan dengan media pers di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan ( FMIPA ) Universitas Lampung ( UNILA ). “Wah Natural ini punya kegiatan utama yaitu penerbitan, tentunya hal tersebut akan selalu berhubungan dengan dunia desain grafis dan layouting.” Gumam Mahasiswa baru 2012 ini. Karena sejak SMA Mahasiswa matematika 2012 ini sangat suka dengan dunia desain grafis. “Harapan saya saat itu setelah mengikuti UKM Natural saya bisa menjadi senang membaca buku, paling tidak saya bisa menulis artikel. Karena menurut saya Natural adalah satu – satunya UKMF yang berkecimpung langsung dengan dunia jurnalistik.” Tutur Sepria Herdiansyah.
    Sejak dahulu adik dari seorang lelaki ini belum pernah ikut organisasi saat bersekolah di SDN Bandar baru  dan SMPN Bandar Baru. Meskipun di SMA tepatnya SMA 9 Bandar Lampung banyak sekali organisasi – organisasi serta ekstrakurikuler seperti Basket, Futsal, OSIS, dan Karate dan Lain – lain namun abang Sepria ini hanya ikut satu kegiatan rois. “Sempat sih ikut berorganisasi rois itu pun  saat mengadakan acara – acara, saya lebih sering tidak hadir. Jadi Bisa di bilang tidak aktif dalam berorganisasi. Karena saat saya menimba ilmu di SMA 9 Bandar Lampung saya tinggal di kosan kampung baru, Jadi apabila saya mau aktif dalam berorganisasi pasti pulangnya setelah magrib terus jugaan saat itu saya belum ada motivasi yang kuat untuk berorganisasi.” Ujar Sepria Herdiansyah. Tapi setelah pembukaan penerimaan anggota Natural dibuka pemuda islam yang lahir pada tanggal 5 September 1992 di Way kanan Kampung baru, sangat bersemangat untuk ikut dalam UKM Natural namun saat itu belum ada teman yang ikut berpartisipasi. Jadi mahasiswa yang tidak gemar membaca ini mulai galau dan merasa ragu. Sehingga dia memutuskan untuk mengajak 2 temannya, tapi ternyata tak sesuai dengan yang diharapkan kedua temannya tidak ada yang mau ikut bergabung dalam UKMF Natural. Jadi saya putuskan untuk menunda pengisian formulir Natural.
    Proses – demi proses pun di laluinya. Mulai dari pelantikan magang hingga proses magang tersebut, meskipun tidak ikut dalam acara pelantikan sebagai magang di Natural. Namun abang Sepria ini tetap tekun belajar bersama di Natural, sebagai mahasiswa magang yang ternyata ditempatkan diposisi yang bukan menjadi tujuan utamanya masuk natural. Kakak dari seorang wanita ini sangat menginginkan ditempatkan dibagian layouter. Namun apa daya meskipun memiliki dasar – dasar sebagai desainer grafis, mahasiswa yang lahir di Kampung Baru ini tetap menerima amanahnya di bagian Anggota biro ( Abir) Usaha.
    Layouter itu dari kata layout yaitu tata letak. Jadi tugasnya adalah mengatur tata letak suatu desain. Misanya nih Naturalkan ingin membuat bulletin, Natural sadah memiliki gambar dan tulisan nah agar buletin itu dapat menarik dan tidak membosankan para layouterlah yang menyesuaikan tata letak, Mulai dari jenis huruf, warna latar, gambar latar, mengisi space kosong, kerapihan, menyesuaikan paragraf hingga pada desain covernya.” Ujar Sepria Herdiansyah.

    Disela – sela kesibukannya sebagai magang di Abir usaha di UKM Natural dan mahasiswa baru abang Sepria sering sekali meminta di ajarkan desain grafis dan konsep – konsep tentang layouting. Pemuda yang pantang menyerah ini rupanya tetap kokoh pada pendiriannya untuk bisa menjadi layouter.“ Saya sering menggantikan para layouter yang ditugaskan untuk layout buletin disaat mereka sedang istirahat. Saat itu saya dipandu oleh kak Herman (presidium Natural tahun 2012.), beliau adalah kakak asuh saya. Jadi di Natural ini meskipun kita tidak ditugaskan dibagian layout, asal kita memiliki kemauan yang kuat kitapun bisa ikut belajar layout.” Ujar Sepria Herdiansyah.
    Tidak berhenti sampai disitu lelaki tampan dengan rambut lurus hitam dan tubuh tinggi kurang lebih 165cm ini tetap teguh pada keinginannya menjadi seorang layouter. Sehingga dia memilih untuk ikut dalam organisasi rois. Berbeda dengan di Natural. Di organisasi ini dia masuk ke dalam anggota bidang SBM ( Sosial Budaya Masyrakat ) karena dibidang ini pun mengarah pada penerbitan dan bisa mewujudkan keinginannya menjadi layouter. Tapi pada kesehariannya walaupun bukan sebagai layouter di UKM Natural, dia kerap di ajak untuk ngelayout buletin. Jadi ketika saya menjalani hari – hari sebagai layouter di Rois dan di Natural ternyata lama kelamaan cukup melelahkan juga.” Gumam Sepria Herdiansyah.
    Pemuda dengan hobby wisata kuliner, travelling dan gemar menonton anime ini pun diberikan amanah untuk menjadi fotografer pada masa kepemimpinan kak Oki selama satu semester kemudian dipilih juga sebagai ketua Biro Usaha (Kabir Usaha).
    Tergabung dalam Natural tidak berarti Bang Sepria tidak aktif di Himpunan Mahasiswa Matematika ( Himatika ). Di Himatika Bang Sepria menjabat sebagai anggota di bidang External. Menurutnya External itu adalah salah satu bidang di Himatika yang mengurusi hubungan himatika keluar. Jadi pandangannya pasti dia bakal sering berinteraksi dengan orang – orang  diluar matematika. Tapi ternyata itu semua tidak kesampaian karena disaat dia menjadi abid External, hubungan yang diidamkannya hanya sama teman – teman di sekitar fakultas saja.
    Pengalaman yang paling berharga ketika di natural adalah sebagai ketua pelaksana aliansi pers mahasiswa. Aliansi pers mahasiswa adalah kumpulan organisasi lembaga pers yang ada di kampus. Kalau di Unila ada teknokrat, natural dan lima lainnya dari universitas yang lain. Nah disitu pengalaman saya sebagai pemimpin itu banyak yang saya dapatkan. Karena ketika kita menjadi pemimpin itu kita akan banyak menemukan konflik – konflik sehingga apabila kita sering menangani konflik tentu kita sudah tahu apa yang harus dilakukan ketika menemukan konflik yang sama di lain waktu. Selain dari itu saya pun berhasil mewujudkan harapan saya senang membaca buku. Ujarnya.
    Berkat kerja keras serta kegigihannya dalam berkomitmen abang sepria pun mengenakan baju merah hati bercorak garis hitam ditunjuk untuk menjadi pemimpin Natural. “Pada saat saya ditunjuk oleh kak Herman dan presidium Natural tahun 2012 untuk menjadi ketua pimpinan, awalnya saya ragu karena itu bukan amanah yang kecil karena saya harus bisa mengontrol kesibukan – kesibukan natural supaya bisa sinergis. Oleh karena itu dimasa kepemimpinan saya ini dari awal saya sengaja mencari orang – orang yang benar – benar berkomitmen. Jadi siapa saja yang memiliki segudang alasan untuk tidak mengikuti pelantikan magang berarti dia tidak memiliki komitmen yang kuat. Kalau diawalnya saja sudah begitu bagaimana nantinya. Lebih baik tidak terlalu banyak tapi terdiri dari orang – orang yang memiliki komitmen dan antusias yang tinggi di bandingkan banyak tapi mereka tidak fokus ke mana – mana, akhirnya malah banyak progja yang terbengkalai. Pesan dari saya semoga natural bisa lebih maju lagi bersama orang – orang yang berkomitmen tinggi.” Tutur Sepria Herdiansyah.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Gapai Keinginan Ala Sepria Herdiansyah Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top